Pada kesempatan kali ini saya akan menerangka dan menjelaskan cara kerja sistem pendingin dan komponen komponen nya.!
Kalian semua mungkin tahu bahwa setiap mesin yang bergerak pasti akan menghasilkan panas. Dan panas itu dihasilkan dari pembakaran yang ada di blok engine (mesin).
komponen komponen sistem pendingin pada motor roda empat diantaranya sebagai berikut:
Radiator
Slang Karet (upper hose)
Slang Karet (lower hose)
Thermostat
Kipas (fan)
Pompa Air (water pump)
Kantong air (Water Jacket)
dan anda penasaran atau ingin tau cara kerja sebuah sistem pendingin seperti gambar di atas lihatlah penjelasan sayah di bawah ini:
Air radiator akan mengalir melalui blok mesin guna menyerap panas mesin. Air radiator yang panas akan didinginkan oleh kondensor radiator yang berada dibelakang kondensor AC. Kondensor radiator akan didinginkan oleh kipas radiator yang menyedot panas keluar. Semua itu dilakuakn oleh alat yang bernama water pump. Water pump berputar seiring dengan putaran mesin. Masalahnya pada saat kendaraan macet putaran mesin agak melambat sehingga sirkulasi air radiator yang mengalir didalam mesin akan terhambat/ berjalan lambat. Oleh sebab itu diperlukan kipas tambahan / ekstra fan guna mendinginkan air radiator. Usahakan ekstra fan berputar bukan berasal dari putaran mesin seperti pada mobil – mobil lama, melainkan berasal dari pasokan listrik yang diatur oleh switch AC.
Sirkulasi air radiator melalui pipa yang berasal dari aluminium. Hal ini bertujuan karena aluminium lebih mudah melepas panas dan termasuk ringan. Didalam water pump terdapat thermostat yang bertujuan untuk membuka/ menutup klep yang menuju ke ruang pendingin. Idealnya pada saat suhu mencapai 80 derajat celcius klep akan tertutup. Pada saat suhu mencapai 84 derajat celcius klep akan terbuka. Oleh sebab itu thermostat sangat penting delam menjaga suhu mesin mobil anda.
Air didalam radiator harus dijaga keutuhannya jangan sampai kurang. Apabila sampai kurang maka indikator yang berada di panel dashbor mobil anda akan berkedip . Apabila jika anda tetap memaksa mobil berjalan terus maka bagian fail Safe yang berada didalam ECU akan memerintahkan Mesin mati bekerja, itu menunjukan ada yang ketidakberesan dalam kinerja mesin.
Apabila terjadi seperti itu, jangan khawatir. Cukup dengan istirahatkan mesin mobil anda hingga suhu mesin turun. Maka mesin akan mudah distater kembali.
nah itulah cara kerja dan komponen-komponen sistem pendingin pada mobil, semoga bermanfaat bagi anda semua ,, cukup sekian wassalam!!