kalian pasti sudah tau bahwa banyak juga kendaraan yang ada di dunia ini menggunakan mesin diesel. Biasanya kendaraan-kendaraan yang menggunakan mesin diesel adalah kendaraan pengangkut barang karna memerlukan tenaga yang besar seperti; truk, kereta api, bus, mobil penumpang, excavator, buldozer,kapal laut, dan sebagainya. Anda penasaran bagaimana sih cara kerja mesin diesel itu? kalau begit saya akan memberi sedikt pengetahuan saya tentanga mesin disel.
Pada awalnya prinsip kerja mesin diesel yaitu merubah energi kimia menjadi energi gerak. Energi kimia di hasilkan melalui proses pembakaran dari bahan bakar (solar) dan udara di dalam silinder . Pada mesin diesel, terdapat ruang yang dirancang khusus agar di ruangan itu agar dapat terjadi peningkatan suhu hingga mencapai titik nyala yang sanggup membakar bahan bakar. Ruangan ini “dimampatkan” sehingga memiliki tekanan dan suhu yang tinggi.
anda bisa liahat prinsip kerja mesin diesel secara sederhana yaitu sebagai berikut; solar yang sudah dicampur udara disemprotkan ke dalam ruangan yang sudah “dimampatkan” tersebut (ruang bakar). Suhu tinggi membakar bahan bakar yang telah disemprotkan sehingga mengakibatkan terjadinya penyalaan dalam ruang bakar dan menghasilkan ledakan yang mendorong piston dan kemudian akan menggerakkan poros-poros roda pada kendaraan ataupun mesin lainnya. Kekuatan untuk mendorong piston ini, sederhananya kita sebut dengan “tenaga”. Kejadian ini berulang-ulang dan tenaga yang muncul itu dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil, generator listrik, dan sebagainya.
Di negarakita, mesin diesel kurang diminati karena sebagian orang menganggap mesin ini mengeluarkan asap hitam yang pekat. Padahal asap hitam pekat ini adalah akibat dari ulah si pemilik mobil yang memodifikasi knalpot (mapler) mobil dieselnya. kalau di Eropa, mobil diesel sangat banyak peminatnya. Karena mesin diesel dipakai pada mobil penumpang, bus, truk, bahkan mobil sedan sekalipun. Di Eropa, para pemilik mobil tidak mengutak-atik mesin diesel pada mobilnya sehingga tidak mengeluarkan asap pekat dan tidak berisik, justru ramah lingkungan dan perawatannya mudah.
Dan inilah komponen-komponen mesin disel di antaranya sebagai berikut:
1) Fuel tank berfungsi untuk menyimpan bahan bakar sementara yang akan digunakan dalam penyaluran bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin.
2) Feed pump atau pompa penyalur berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dengan cara memompa bahan bakar dari tangki dan mengalirkannya ke pompa injeksi. Didalam feed pump juga terpasang komponen yang bernama priming pump, yang berfungsi untuk mengeluarkan udara palsu dari sistem bahan bakar.
3) Fuel filter biasanya terdapat 2 (dua) yaitu pada bagian sebelum feed pump yang dilengkapi pula dengan water sedimenter yang berfungsi untuk memisahkan air dalam sistem bahan bakar dan fuel filter (saringan bahan bakar) yang berfungsi untuk menyaring kotoran kotoran yang terdapat pada bahan bakar untuk menjaga kualitas bahan bakar agar selalu bersih dan tidak menghambat aliran bahan bakar.
4) Injection pump yang berfungsi untuk menaikkan tekanan sehingga bahan bakar solar dapat mudah dikabutkan oleh nozzle. didalam pompa injecsi ada komponen yang bernama automatic timer dan governor yang fungsinya ada dibawah ini.
5) Automatic timer yang terpaang pada bagian depan pompa injeksi yang berhubungan dengan timing gear berfungsi untuk memajukan saat injeksi sesuai dengan putaran motor.
6) Governor terpasang pada bagian belakang pompa injeksi yang berfungsi sebagai pengatur jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan pembebanan motor.
7) Pengabut (Nozzle) berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar agar mudah bercampur dengan oksigen sehingga mudah terbakar dalam silinder,
8) Pipa tekanan tinggi terbuat dari bahan baja yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar bertekanan tinggi dari pompa injeksi ke masing-masing pengabut
9) Busi pijar atau busi pemanas (glow plug) berfungsi untuk memanaskan ruangan pre chamber pada saat mulai start. Dengan merubah energi listrik dari battery menjadi energi panas
10) Battery (aki) berfungsi sebagai sumber energi listrik yang mensupply energi yang dibutuhkan oleh busi pijar untuk memanaskan ruangan pre chamber
11) Kunci kontak (ignition switch) berfungsi sebagai saklar utama pada ssistim kelistrikan kendaraan
12) Relay yang berfungsi sebagai pengaman dan pengatur saat pemanasan ruang pre chamber.
itulah carakerja dan pungsi komponen-komponen mesin disel, nantikan artikel selanjutnya, wassalam..!!