Di hari yang cerah ini, saya akan menerangkan cara kerja dan komponen-komponen sistem pembuangan pada kendaraan roda empat. sistem pembuangan ini memiliki fungsi sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap kendaraan, dimana sistem pembuangan iyalah saluran untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin pembakaran dalam.
Sistem pembuangan terdiri dari beberapa komponen yang memiliki hubungan dan fungsi satu sama lain, seperti pipa pembuangan yang di sebut mapler (knalpot).
knalpot mungkin sering kita dengar di telinga kita.Seperti kita berbicara dengan mekanik atau bengkel di sekeliling kita,dan mereka akan merasa aneh dan sedikit kurang paham apabila kita menyebut komponen ini dengan bahasa yang sebenernya (mapler). jadi kita akan lebih mudah apabila menyebutnya knalpot.
Komponen-komponen sistem pembuangan pada motor roda empat:
1.Kepala silinder, komponen ini merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan pipa pembuangan awal. hal ini berbeda konstruksi apabila kita berbicara pada mesin dua langkah, dimana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender. hal ini mungkin agak sedikit membingungkan bagi para pemula, tapi bikers sekalian akan mengerti apabila melihat langsung seperti apa perbedaan nya.
2.Exhaust manifold atau exhaust header, komponen ini merupakan pipa yang terbuat dari bahan khusus yang tahan pada suhu tinggi. pipa ini berhubungan langsung dengan kepala silinder saluran exhaust jadi temperaturnya sangat tinggi dan berbahaya apabila kita menyentuhnya dalam kondisi panas.
Catalytic converter, komponen ini merupakan komponen yang sangat penting untuk zaman kita saat ini, karena dengan banyak nya kendaraan yang ada dibumi kita ini yang menghasilkan HC, NOx dan CO yang sangat berbahaya untuk kesehatan, komponen ini menurunkan konsentrasi tingkatan berbahaya dari udara hasil pembakaran yang terjadi. atau bahasa ilmiahnya untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx Knalpot, orang indonesia biasanya memukul rata bahwa yang namanya saluran atau sistem pembuangan adalah knalpot, tapi pada fakta nya dua bahasa itu sangat jauh berbeda. knalpot adalah pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.
Peredam suara atau disebut juga muffler, komponen ini sangat penting untuk kenyamanan anda dan orang-orang yang ada disekitar kendaraan kita, karena komponen ini mempunyai fungsi untuk meredam suara yang dihasilkan dari proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot sedangkan pada mobil umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan.
nah itulah cara kerja dan komponen-komponen sistem pembuanag pada motor roda empat, terimakasih atas kunjungannya wassalam!!!