Kelebihan Dan Kekurangan Pengerak Roda depan Dan Roda Belakang

Taukah anda Ada 3 jenis teknologi penggerak roda yang diterapkan pada mobil , Yaiu penggerak roda depan (Front Wheel Drive), Penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive) dan Penggerak empat roda (Four Wheel Drive/4WD). Pada awalnya, sistem penggerak roda roda ini dipakai berdasarkan penggunaan kendaraan. Seperti: Buat mobil angkutan pada umumnya menggunakan penggerak roda belakang, seperti pada truck, Dan minibus. kebanyakan mobil untuk keluarga ini menggunakan ,sistem penggerak roda depan, seperti mobil sedan atau beberapa SUV . Untuk mobil berpenggerak 4 roda, biasanya dipakai pada mobil dengan keperluan khusus, seperti mobil penjelajah medan offroad, seperti mobil jip, atau truk militer.

Jenis teknologi penggerak roda pada mobil pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Tapi sebenarnya, semua itu tergantung penggunaannya. Seperti, mobil sedan paling nyaman dipakai dijalan raya yang bagus, tapi tidak akan nyaman bila dipergunakan pada medan offroad. Sementara mobil jip tak akan gesit dan memberikan kenyamanan yang baik, seperti halnya sedan jika berada dijalan raya, tapi akan sangat berguna bila melalui medan offroad.

Oleh karena itu, Seputar Otomotif kali ini, akan berbagi sedikit pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan dan kekurangan  mobil penggerak roda depan dan mobil penggerak roda beakang.

Kelebihan mobil berpenggerak roda belakang
  1. Ruangan bagi mesin akan lebih longgar , karena mesin terpasang searah dengan body mobil. Sehingga lebih mudah dalam merawatnya, seperti mencuci mesin. 
  2. Tenaga yang didapat dari roda adalah dorongan, bukan tarikan. Jadi lebih kuat terutama untuk membawa beban.Untuk itulah kenapa mobil dengan sistem penggerak roda depan kebanyakan digunakan untuk mobil niaga. 
  3. Hal tersebut juga membuat mobil penggerak roda belakang lebih kuat ditanjakan. 
  4. Posisi mesin yang searah kedepan diyakini lebih memberikan perlindungan terhadap pengemudi jika ada benturan dari depan. 
  5. Lebih mudah saat mobil diparkir, karena derajat putar roda tidak dibatasi oleh drive saft. 
  6. Sistem mekanisasi, kemudi dan sistem suspensi depan lebih awet, karena kegunaan roda depan hanya untuk mengatur arah saja. 
Kelemahan mobil berpenggerak roda belakang
  1. Akselerasi kalah dengan mobil yang menggunakan  penggerak roda depan. 
  2. Mesin lebih sering kehilangan tenaga, karena harus melalui beberapa mekanisasi sebelum menggerakkan roda belakang. Hal tersebut membuat mobil lebih boros. 
  3. Mobil penggerak belakang bentuknya lebih tinggi dan bongsor, jadi kalah sporty dengan mobil penggerak depan. 
  4.  Mobil  penggerak roda belakang perlu memperhatikan  gardan dan olie gardan serta poros propeler. Poros propeler yang sudah agak aus bisa memberikan getaran tinggi ke kabin, sementara gardan yang aus bisa menimbulkan efek hentakan saat putaran mesi terhubung. 
Keunggulan mobil berpenggerak roda depan
  1. Penyampaian tenaga lebih efisien, sehingga laju mobil lebih gesit dan responsif. Hal ini karena as roda langsung terhubung dengan transmisi tanpa harus melalui propeler dan diferential. Selain itu, traksi lebih besar karena beban mesin terhadap roda depan. 
  2. Mesin  lebih irit, dikarenakan  mesin tak perlu kehilangan banyak power sebelum sampai kepada roda. Hal ini karena tenaga langsung disalurkan gearbox menggunakan drive saft yang lebih pendek. Posisi mesin yang searah dengan roda lebih meringankan beban mesin, sehingga tenaga lebih efisien dan menghemat bahan bakar. 
  3.  Mobil lebih nyaman ditumpangi, karena penumpang tak terganggu dengan getaran dan suara bersisik yang dihasilkan oleh propeler shaft dan diferential. 
  4.  Ruangan bisa lebih lega, karena body mobil bisa lebih diperpendek lagi (ground clearance).Body yang semakin rendah akan semakin membuat mobil lebih lincah dan penumpang bisa lebih nyaman . 
Kekurangan mobil berpenggerak roda depan
  1. Tataletak mesin lebih rumit dan memakan ruang, sehigga melahirkan biaya perawatan yang lebih teliti dan mahal. 
  2.  Sistem kemudi dan sistem dari mesin dan penggerak menjadi satu pada roda depan. Hal ini menyebabkan rangkaian suspensi pada bagian depan lebih rumit.Akibatnya, kerja komponen suspensi dan kemudi bekerja lebih berat, sehingga lebih cepat mengalami keausan. 
  3.  Harus lebih hati-hati jika melewati jalan berlubang, karena jangan sampai menabrak lubang dengan keras. Tie-rod end, ball joint dan bearing roda lebih rentan, sehingga mudah rusak jika mendapat benturan. Akibatnya, mobil seketika tidak nyaman dikendarai karena timbulnya getaran keras. 
  4.  Roda depan lebih cepat aus, karena roda depan menjadi berfungsi ganda, yaitu sebagai penggerak dan pengendali. 
  5.  Pada saat melewati jalan menanjak, tenaga didapat karena tarikan, bukan dorongan. Sehingga performanya kalah baik dibanding mobil penggerak roda belakang. 
  6.  Mobil rawan selip pada saat akan menikung, karena ban depan menerima beban yang lebih besar pada saat melakukan pengereman. 
  7.  Lebih sulit parkirnya, terutama pada saat parkir pararel yang sempit. Karena radius belok ban lebih terbatas akibat drive saft.
Bisa di simpulkan  mobil penggerak roda depan adalah mobil kecil yang bertenaga lebih kecil dari 200hp. Karena pada kecepatan tinggi, mengendalikan kendaraan penggerak roda depan sangat beresiko. Oleh karena itu untuk  penggerak roda depan, lebih cocok untuk mobil kecil khusus keluarga yang hanya digunakan untuk jalanan Kota(bukan untuk angkutan berat/mobil ber tenaga besar).

Kalau mobil berpenggerak roda belakang  cukup baik untuk dipakai  bermacam keperluan. Untuk dalam kota, untuk luar kota, beban berat, jalan menanjak, tak akan banyak berpengaruh untuk mobil jenis penggerak roda belakang.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kelemahan penggerak roda belakang dan penggerak roda depan. semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca : Daftar Harga Rongsok Terbaru